Membaca,Melihat
dan Memanfaatkan Peluang pasar Perekonomian
Peluang
pasar adalah suatu bidang kebutuhan
pembeli dimana perusahaan dapat beroperasi secara menguntungkan. Pengertian
peluang pasar menurut Kotler (1997:72) adalah sebagai berikut: Peluang pasar
adalah suatu bidang kebutuhan pembeli dimana perusahaan dapat beroperasi secara
menguntungkan.
Potensi pasar adalah batas yang didekati oleh permintaan ketika
pengeluaran pemasaran industri mendekati tak terhingga untuk lingkungan yang
telah ditentukan.
v Cara Membaca Peluang Pasar :
Ide bisnis ada di sekitar kita. Ide
bisnis berasal dari analisis yang cermat terhadap trend pasar dan kebutuhan
konsumen, meskipun ada juga ide bisnis yang diperoleh secara kebetulan. Jika
Anda tertarik untuk memulai suatu usaha, tetapi tidak tahu apa produk atau jasa
yang akan Anda jual, maka anda perlu mengeksplorasi cara-cara untuk mendapatkan
ide bisnis, penting untuk diingat, kita membaca bukan untuk menghafal, tetapi
untuk memahami. Selain itu juga dalam tahap membaca ini, perlu diingat bahwa
jangan ada satupun poin yang terlewatkan untuk dibaca, dipahami, dan
dianalisis. Karena seberapa kecilpun poin yang telah dihasilkan, akan memiliki
peranan yang cukup dapat diperhitungkan dalam kesimpulan akhir yang dibuat.
seperti yang kami paparkan berikut ini:
1) Tanyakan pada diri Anda, keterampilan apa yang Anda miliki
1) Tanyakan pada diri Anda, keterampilan apa yang Anda miliki
Apakah Anda memiliki bakat atau prestasi yang terbukti yang bisa menjadi dasar dari bisnis yang menguntungkan?
Untuk menemukan ide bisnis yang layak, tanyakan pada diri sendiri, "Apa yang bisa saya lakukan, apa kemampuan yang saya miliki dan orang akan bersedia membayar produk atau jasa saya tersebut?"
2) Pikirkan apa yang lagi ngetrend saat ini yang dapat menjadi peluang bisnis.
Jika Anda membaca atau menonton berita secara teratur dengan penuh minat, maka Anda akan takjub melihat betapa banyak ide peluang bisnis yang dapat ditemukan. Dengan mengikuti perkembangan berita sambil terus melakukan aktivitas, Anda dapat mengidentifikasi trend pasar, mode baru, berita industri - dan kadang-kadang hanya ide-ide baru yang memiliki kemungkinan bisnis.
3) Ciptakan produk atau jasa baru
Mari kita pikirkan keadaan 30 tahun yang lalu. Apakah ada permintaan besar terhadap software anti-virus anda Internet Service Provider? Tidak ada! Produk-produk tersebut lahir dari masalah dan kebutuhan yang harus dipenuhi. Sekarang, anak-anak muda Indonesia banyak berkecimpung di dunia bisnis IT, seperti membangun aplikasi smartphone.
4) Tambahkan nilai produk yang sudah ada
Perbedaan antara kayu mentah dan kayu jadi merupakan contoh dari penambahan nilai produk melalui suatu proses. Selain penambahan nilai melalui proses, Anda juga dapat menambah layanan, atau menggabungkan produk dengan produk lainnya. Misalnya menyediakan layanan delivery disamping layanan pada gerai.
Dari keempat contoh terdahulu, tampak bahwa ide bisnis dapat ditemukan dengan mudah. Namun menemukan ide bisnis sekaligus menjadi peluang usaha tidak selalu mudah, sebagian diperoleh lewat pengamatan dan analisis yang lebih seksama.
5) Penelitian pasar
Pencarian ide bisnis atau peluang usaha melalui penelitian pasar ini sangat penting dilakukan untuk jenis usaha yang membutuhkan investasi yang cukup besar..
Selain
itu,Membaca peluang
pasar merupakan hal yang esensial yang wajib hukumnya bagi seorang
entrepreneur. Membaca peluang pasar tidak hanya dilakukan untuk bagi seorang
entrepreneur yang ingin memulai usahanya, namun membaca peluang pasar menurut
pandangan saya sendiri adalah sebagai pondasi saat kita bergelut di dunia
bisnis. Karena kelihaian kita dalam membaca peluang pasar tidak hanya dilakukan
untuk memulai suatu usaha, namun keahlian dalam membaca peluang usaha ini juga
harus dimiliki kita kita ingin mengembangkan usaha kita (dalam hal ini
barang/jasa yang kita tawarkan kepada konsumen) , melakukan segmentasi pasar,
maupun pada saat melakukan perluasan usaha (pembukaan cabang). Namun
seringkali, kemampuan membaca peluang pasar ini seringkali tidak pas sasaran,
sehingga apa yang telah menjadi ekspektasi pada saat kita memulai usaha
seringkali tidak tercapai.
Cara membaca
peluang pasar sangat mudah apabila kita dapat memikirkan konsep usaha seperti
apa yang akan kita jadikan usaha. Sebelum anda memulai usaha, anda harus
mempertimbangkan hal penting dalam memulai usaha. Seperti :
1. Jenis usaha.
2. Jenis produk
3. Target konsumen
4. Lingkungan
5. Legalitas
6. Beresiko kecil
7. Modal
v
Cara Memanfaatkan Peluang Pasar :
"Peluang Adalah
EMAS", istilah itu memang bukan
mengada-ngada, peluang memang di ibaratkan sebagai emas yang bernilai yang
sayang jika harus dilewatkan. Jika anda ingin menjadi seorang pengusaha
sukses,maka jangan sekali-sekali mengabaikan peluang usaha yang ada yang sebenarnya banyak disekitar kita.
Peluang itu banyak sekali, menarik, dan indah. Tetapi dalam kenyataan hidup
tidak banyak orang yang bisa memanfaatkan peluang yang ada. Bahkan banyak yang
meninggalkan peluang, meskipun peluang-peluang itu sudah di depan mata atau di
samping dirinya. karena kita serasa bingung untuk memanfaatkannya,serta harus
dimulai dari mana padahal peluang itu hanya datang satu kali saja.bisa saja
jika kita melewatkan peluang tersebut yang menurut kita itu peluang usaha yang
niche atau bagus lantas keburu diambil oleh orang lain.
Peluang berarti juga pasar. Jika
seseorang ingin berhasil, apalagi berhasil sebagai entrepreneur, dia harus bisa
secara cerdik menangkap dan memanfaatkan peluang, kemudian mengambil keputusan
yang tepat agar memenangkan persaingan di pasar.Dengan kreativitas berarti
seseorang bisa secara bersama-sama menciptakan atau menangkap peluang dan
memaksimalkan resources lain yang bisa mendukung agar peluang-peluang dan
kreativitas itu menjadi berhasil.Dan agar peluang-peluang dan kreativitas itu
berhasil dibutuhkan komunikasi yang baik. Bagi seorang entrepreneur,
keterampilan berkomunikasi itu sangat penting. Segala ide dan kreativitas yang
ada pada diri seorang entrepreneur harus bisa dikomunikasikan dengan baik ke
pasar.
Seorang entrepreneur harus rajin
pergi ke mana saja, untuk mengkomunikasikan ide dan kreativitasnya. Dengan
komunikasi yang baik, seorang entrepreneur harus punya keyakinan bahwa ide dan
kreativitasnya itu bisa diterima pasar,Memang tidak lah mudah bagi seseorang
untuk bisa memanfaatkan peluang usaha dengan cara memanfaatkannya atau
mempraktekannya dalam dunia wirausaha yang sesungguhnya.Ini akan terasa berat
karena selain membutuhkan ketekunan, tenaga juga modal yang jumlahnya relatif.
Berikut tips cara memanfaatkan
peluang usaha :
1. Melakukan Riset Pasar: kita perlu akan data2 mengenai pasar
produk yang akan menjadi unggulan. agar produk kita bisa diterima oleh orang
lain, selain itu perlunya data2 mengenai tingkat persaingan pasar, kompetisi
harga, karakteristik konsumen dll, hal ini agar kita bisa memprediksikan
mengenai usaha kita apakah akan mampu bertahan atau tidak.
2. Mempersiapkan dan menyusun rencana: mencakup target pasar produk, target pendapatan perbulan,, biaya operasional dll.
3.Patuh terhadap aturan: dengan kata lain tidak melanggar aturan dari pemerintah setempat,atau melanggar norma2 yang berlaku dimasyarakat, misalnya membuaka usaha minuman keras dll.
4. Strategi Pemasaran yang tepat sasaran
Jika ke empat poin dasar diatas sudah kita lakukan, maka hal yang paling penting adalah mempraktekannya. Anda harus berani memulai wirausaha atas ide-ide anda sehingga anda akan tahu peluang usaha yang sedang dijalankan adalah peluang usaha yang benar-benar bagus. Jangan takut untuk memulai usaha.
kita harus yakin menentukan jenis
usaha yang akan kita tekuni. Jika kita merasa tidak yakin dengan jenis usaha
yang kita dapatkan, cobalah temukan jenis usaha yang lain. Lebih baik Anda
membuat jurnal atau sekedar membuat coret-coretan untuk membandingkan
jenis-jenis usaha.
Namun selain kerja keras dan cerdik
memanfaatkan peluang ada hal yang juga perlu diperhatikan, yakni unsur ‘luck’
(keberuntungan).Bagaimana pun, unsur luck itu penting bagi keberhasilan
seseorang dalam berbisnis.
v
Cara Melihat Peluang Pasar:
Membaca peluang
pasar saya analogikan seperti seorang anak kecil yang mulai untuk mempelajari
hal yang baru. Sebelum ia bisa untuk belajar membaca, hal yang pertama kali ia
lakukan adalah melihat. Dalam konteks membaca peluang pasar, maksud dari
melihat disini adalah kita melihat apa yang menjadi masalah dari
fenomena-fenomena yang ada di sekitar kita dan siapa yang mengalami masalah
tersebut, yang kemudian kita cari celah agar kita dapat menembus peluang
di dalam celah-celah kecil tersebut.
Kejelian
dalam hal melihat masalah dan membaca peluang disini sangatlah diperlukan,
karena semakin kita jeli melihat peluang dan semakin tipis marjinal (selisih)
dari besarnya masalah yang terjadi dengan kemampuan kita untuk menutup /
mengatasi masalah tersebut akan menentukan kesuksesan dalam membaca peluang
pasar.
REFERENSI :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar